Tuesday, March 15, 2011

Kita Semua Adalah Satu Umat

Didalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ashabus Sunan dan masanid seperti Abu Daud, Nasai, Tirmidzi dan yang lainnya dengan beberapa lafaznya, diantaranya,”Orang-orang Yahudi akan terpecah menjadi tujuh puluh satu golongan seluruhnya di neraka kecuali satu. Orang-orang Nasrani terpecah menjadi tujuh puluh dua golongan seluruhnya di neraka kecuali satu. Dan umatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan seluruhnya di neraka kecuali satu.” Didalam riwayat lain,”Mereka bertanya,’Wahai Rasulullah, siapakah golongan yang selamat ?

Beliau saw menjawab,’Siapa yang berada diatas (ajaran) seperti ajaranku hari ini dan para sahabatku.” (HR. Thabrani dan Tirmidzi) didalam riwayat lain disebutkan,”ia adalah jama’ah, tangan Allah berada diatas tangan jama’ah.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Membaca hadist diatas, saya jadi teringat pada pengajian yang dipimpin oleh Prof. Quraish Shihhab. Ada seseorang yang bertanya, bagaimana dengan umat Islam sekarang? Umat Islam sekarang sudah terpecah tidak hanya menjadi 73 golongan, melainkan ratusan. Golongan Islam manakah yang akan masuk surga?

Prof. Quraish Shihhab menjawab, bahwa ummat itu adalah satu, dan setiap golongan dan masing-masing klaim kebenarannya, akan dikembalikan kepada Allah SWT. Dalam surat Al-Anbiya ayat 92, Allah SWT berfirman:  “Sesungguhnya (agama tauhid) Ini adalah agama kamu semua; agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, Maka sembahlah Aku. Dan mereka telah memotong-motong urusan (agama) mereka di antara mereka. kepada kamilah masing-masing golongan itu akan kembali. Maka barang siapa yang mengerjakan amal saleh, sedang ia beriman, Maka tidak ada pengingkaran terhadap amalannya itu dan Sesungguhnya kami menuliskan amalannya itu untuknya.”

Disini, Prof. Quraish Shihhab berpendapat, bahwa selama setiap golongan tersebut tetap mempertahankan Rukun Islam dan Rukun Iman , memegang teguh pada konsep ketauhidan dan percaya bahwa Nabi Muhammad adalah rasul penutup dan yang terakhir (ia tetap beriman), maka golongan tersebut termasuk dalam satu ummat.

Ada pernyataan yang menarik dari Sang Profesor mengenai hadist 72 golongan tersebut. Beliau mengatakan, bahwa tidak usah ragu kita termasuk dalam golongan umat Islam yang mana. Selama memegang teguh Rukun Iman, Rukun Islam, Ketauhidan dan percaya bahwa Nabi Muhammad adalah rasul yang terakhir, Insya Allah kita akan berada pada golongan yang akan masuk surga. Beliau berkata, “Menurut saya, berdasarkan hadist tersebut, saya balik. Setiap golongan dalam Islam seluruhnya akan masuk surga, kecuali satu.”

Jadi, kita selama kita semua tetap memegang teguh keimanan, kita adalah tetap satu umat. Hindari perpecahan hanya karena perbedaan fiqh. Hindari perpecahan hanya karena perbedaan penafsiran. Hindari taqfir, selama ia tetap memegang teguh keimanannya.

No comments:

Post a Comment